Minggu, 07 Mei 2017

Penjelasan Tentang Manajemen Memori

#Ulasan 2

Video ini dibuat oleh kanal youtube yang bernama OpenCanvas. Durasi dari video ini berlangsung selama 8 menit dan 53 detik. Judul dari video ini adalah Operating Systems 2 - Memory Manager. Video ini diunggah di situs youtube pada tanggal 18 Juni 2013.

Didalam ulasan kali ini akan membahas tentang manajemen memori. Dalam manajemen meori terdapat 3 skema yang terbilang sudah umum, yang pertama adalah “Single Contiguous.” Skema ini bisa dibilang skema yang sederhana dan hanya dapat melakukan satu proses dalam sekali waktu, apabila ada proses yang membutuhkan memori yang lebih besar maka proses tersebut tidak akan dijalankan. Bagaimana solusinya? Terdapat Skema kedua yang bernama Fixed Partitions. Skema ini memperbolehkan beberapa proses dilakukan dalam sekali waktu, tetapi skema ini masih memiliki kekurangan yaitu pembagian isi pembagian alokasi tidak dapat dibuat fleksibel. Terdapat skema yang ketiga yang dapat membuat pengalokasian memori lebih dinamis yaitu Dynamic Partition. skema ini dibagi menjadi dua lagi yaitu First Fit dan Best Fit. Tetapi mereka masih memiliki kekurangan dalam pengeksekusian karena kita sangat menghindari terjadinya pengeksekusian satu buah program di dalam satu memori yang menyebabkan program lain tidak dapat dijalankan semua.

Dari tiga skema yang disebutkan diatas masih memiliki kekurangan masing-masing. Apa solusinya? Pengaplikasian Virtual Memory dapat dilakukan disini. Caranya dengan membagi program tersebut didalam memori tersebut dengan dimasukan ke dalam beberapa Page Frame yang berada dalam Memori. Setelah program dieksekusi kita harus segera menimpa program tersebut dengan program lain. Terdapat 4 cara Page Replacement, yaitu First In First Out, Least Recently Used, Least Frequently Used, dan Most Recently Used. 

Masih ada satu Skema lagi dalam Manajemen Memori yaitu Segmented Memory Allocation yang membagi beberapa program yang sudah dibagi menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Keuntungan yang dapat kita rasakan adalah. Kita mesti bertanya mengapa Virtual Memoy sangat dibutuhkan? Karena dengan virtual memory kita dapat menggunakan Hard Drive sebagai ekstensi dari Memori apabila memori sudah terpakai semua. 

Github saya adalah ini dzakialyafi
Url untuk ulasan saya di blog adalah dzakialyafi.blogspot.com
Pemetaan konten ini terdapat pada week05
Tanggal submisi Revisi pertama pada tanggal 7 Mei 2017



Tidak ada komentar:

Posting Komentar